Manual Tautan Peta Situs S&K
Slidebars Logo
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
      • Informasi Umum
      • Visi dan Misi
      • Struktur Organisasi
      • Tugas, Fungsi, dan Kewenangan
      • Pengolahan Data
    • Profil Pejabat
    • Pusat Pelayanan
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
    • ARC Publikasi BPS
    • ARC BRS
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Tentang BPS
      • Program dan Kegiatan
      • Perjanjian Kinerja
      • Indikator Kinerja Utama
      • Renstra
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Unduh
      • Profil Pejabat
DATA SENSUS
Beranda » Kegiatan Statistik » Kinerja BPS Kabupaten Bogor Pada Tahun 2018 Meningkat Secara Significant

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Lingkungan Hidup

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Harga Produsen

Indeks Harga Perdagangan Besar

Indikator Strategis Kabupaten Bogor

Industri

Input output

ITB-ITK

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Neraca Arus Dana

Neraca Sosial Ekonomi

Nilai Tukar Petani

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto (Lapangan Usaha)

Produk Domestik Regional Bruto (Pengeluaran)

Transportasi

Upah Buruh

Usaha Mikro Kecil

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan

Media Sosial
Facebook Instagram
Twitter Youtube
RSS FEEDS
Berita Resmi Statistik
Publikasi

Kinerja BPS Kabupaten Bogor Pada Tahun 2018 Meningkat Secara Significant

Capaian Kinerja BPS Kabupaten Bogor 2018

Capaian  kinerja  BPS  Kabupaten Bogor 2018 merupakan pencapaian dari indikator-indikator tujuan dan sasaran strategis  selama  tahun  2018.  Capaian kinerja dihitung berdasarkan perbandingan antara  realisasi  dengan  target   PK  2018 yang telah ditetapkan pada awal tahun. Capaian kinerja dari masing-masing tujuan dan  sasaran  strategis  dapat  dilihat  pada ulasan berikut.

Capaian Kinerja Tujuan Pertama

Tujuan pertama adalah “peningkatan kualitas data”, diukur dengan indikator Persentase konsumen yang merasa puas dengan   kualitas data statistik. Tujuan pertama dicapai dengan dua sasaran strategis, yaitu: (1) Meningkatnya kepercayaan pengguna terhadap kualitas data BPS, (2) Meningkatnya kualitas hubungan dengan sumber   data   (Respondent   Engagement).   Capaian   kinerja   dari   indikator   yang mengukur tujuan dan sasaran strategis tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah.

Berdasarkan  tabel  di  atas,  tujuan  pertama  telah  tercapai  dengan  tingkat capaian sebesar 109,23 persen. Rata-rata capaian indikator sasaran strategis tujuan pertama sebesar  112,79 persen. Hal tersebut menunjukkan  bahwa secara keseluruhan sasaran strategis tujuan pertama telah tercapai. Jika dilihat dari masing- masing indikator, maka seluruh indikator sasaran strategis menunjukkan capaiannya diatas 100 persen, yaitu: indikator “Persentase pemasukan dokumen (response rate) survei dengan pendekatan rumah tangga; pendekatan usaha; dan pendekatan non rumah tangga dan non usaha”.

Meskipun tujuan pertama telah tercapai, namun upaya peningkatan kualitas data statistik terus dilakukan oleh BPS. Upaya peningkatan kualitas data dilakukan melalui pembenahan tatalaksana (bussiness process reengineering) dan pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kerangka dan Arsitektur Bisnis Statistik 2015-2019 (Statistical Business  Framework and Architecture – SBFA) dapat dilihat pada bagan berikut:

  

Gambar: Pembangunan Kerangka dan Arsitektur Bisnis Statistik

Kebutuhan untuk memproduksi Neraca Nasional menjadi prioritas dalam kerangka pembenahan proses bisnis survei-survei yang ada di BPS. Kerangka pembenahan juga memperhatikan kerangka kebutuhan infrastruktur statistik korporat  untuk  mendukung semua  proses  yang diidentifikasi  di  dalam  model.  Di dalam SBFA ini dituangkan semua kebutuhan perubahan bisnis yang diperlukan, kerangka infrastruktur statistik, manejemen data dan metadata, kebutuhan sistem- sistem yang terintegrasi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis yang dibangun, kebutuhan penyelarasan organisasi agar mendukung perubahan proses   bisnis   yang   terjadi   dan   kebutuhan   kompetensi   SDM   untuk   menjamin perubahan bisnis tersebut dapat dilaksanakan oleh pegawai BPS sesuai yang ditetapkan.

Capaian Kinerja Tujuan Kedua

Tujuan kedua adalah “peningkatan pelayanan prima hasil kegiatan statistik”, diukur dengan indikator Persentase konsumen yang puas akan layanan data BPS. Tujuan kedua dicapai dengan satu sasaran strategis, yaitu Meningkatnya kualitas hubungan dengan pengguna data (User Engagement). Capaian kinerja dari indikator yang  mengukur  tujuan  dan  sasaran  strategis tersebut  dapat  dilihat  pada  tabel  di bawah.

Berdasarkan tabel di atas, tujuan kedua juga tercapai dengan tingkat capaian sebesar 117,36 persen. Rata-rata capaian indikator sasaran strategis tujuan kedua sebesar 259,39 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan sasaran strategis tujuan kedua sudah tercapai. Pada Tabel 4 terlihat bahwa keseluruhan indikator   sasaran   strategis   tujuan   kedua   sudah   mencapai   diatas   100   persen. Indikator Persentase konsumen yang puas terhadap akses data BPS merupakan indikator yang capaiannya paling fantastis sebesar 577,80 persen.

Tujuan kedua diwujudkan melalui Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Moto yang diterapkan dalam PST adalah melayani dengan hati. BPS meraih predikat patuh terhadap UU Pelayanan Publik. Menurut Ombudsman pelayanan publik BPS telah berada pada zona hijau atau tingkat kepatuhan tinggi.

Capaian Kinerja Tujuan Ketiga

Tujuan ketiga adalah “Penguatan Sistem Statistik Nasional melalui koordinasi dan pembinaan yang efektif di bidang statistik”, diukur dengan Jumlah metadata kegiatan statistik sektoral dan khusus yang dihimpun. Tujuan ketiga dicapai dengan satu sasaran strategis, yaitu: Meningkatnya koordinasi dan kerjasama dalam penyelenggaraan SSN manajemen sumber daya manusia BPS, yang diukur dengan Jumlah metadata kegiatan statistik sektoral dan khusus yang dihimpun. Capaian kinerja dari indikator yang mengukur tujuan dan sasaran strategis tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah.

Berdasarkan tabel di atas, capaian indikator sasaran strategis tujuan ketiga sebesar 142,86 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa capaian indikator ini sudah tercapai dengan capaian yang memuaskan.

Capaian Kinerja Tujuan Keempat

Tujuan keempat adalah “Peningkatan birokrasi yang akuntabel”, diukur dengan Hasil Penilaian SAKIP oleh Inspektorat. Tujuan keempat dicapai dengan dua sasaran strategis, yaitu: (1) Meningkatnya birokrasi yang akuntabel, dan (2) Meningkatnya Kualitas sarana dan Prasarana BPS. Capaian kinerja dari indikator yang mengukur tujuan dan sasaran strategis tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah.

Berdasarkan tabel di atas, rata-rata capaian indikator sasaran strategis tujuan keempat sebesar 110,48 persen. Dari Tabel 5 diatas terlihat bahwa sasaran strategis kedua, semua indikatornya sudah mencapai nilai 100 persen ke atas, menunjukkan telah tercapainya sasaran yang ditargetkan. Akan tetapi pada sasaran strategis pertama (hasil penilaian SAKIP oleh Inspektorat masih menggunakan nilai tahun lalu, nilai terbaru belum ada) menunjukkan masih belum tercapai yaitu baru sebesar 95,72 persen.    Hal  tersebut  menunjukkan  bahwa  secara  keseluruhan  sasaran  strategis tujuan keempat sudah tercapai.

 

Berdasarkan  tabel  di  atas,  secara  umum  rata-rata  capaian  kinerja  tujuan maupun sasaran strategis menunjukkan kenaikan dari tahun ke tahun. Bahkan terjadi kenaikan yang cukup tinggi terjadi pada tahun 2018 (156,38 persen) meningkat dibandingkan tahun 2017 (111,53 persen). Hal ini mencerminkan bahwa BPS Kabupaten  Bogor  terus  berupaya  untuk  meningkatkan  kinerjanya  dari  tahun  ke tahun dan sudah menampakkan keberhasilannya. Indikasi lainnya yang mencerminkan peningkatan kinerja BPS Kabupaten Bogor adalah diperolehnya beberapa prestasi di bidang pengelolaan keuangan dari KPPN Bogor (2 kali di tahun 2018) dan BPS Provinsi Jawa Barat.


Lihat Kegiatan Lain
Telah Rilis Publikasi Kabupaten Bogor Dalam Angka 2020 edisi "Penyediaan Data untuk Perencanaan Pembangunan". Unduh di sini || Dapatkan informasi terkini data Kabupaten Bogor pada menu "Ekonomi dan Perdagangan" >> selengkapnya >> "Indikator Strategis Kabupaten Bogor" || Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Bogor setiap hari kerja mulai pukul 08:00 s.d 15:30 WIB atau ke Pelayanan Statistik Terpadu di kantor BPS Provinsi dan BPS Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor (Statistics of Bogor Regency)

Jl. Bersih, Kompleks Perkantoran Pemkab Bogor, Cibinong, Jawa Barat - Indonesia, Telp: +62 21 8751070, Fax: +62 21 87913862,

Mailbox: bps3201@bps.go.id

Untuk tampilan terbaik Anda dapat gunakan berbagai jenis browser kecuali IE, Mozilla Firefox 3-, and Safari 3.2- dengan lebar minimum browser beresolusi 275 pixel.

Hak Cipta © 2021 Badan Pusat Statistik

Semua Hak Dilindungi

  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
    • Profil Pejabat
    • Pusat Pelayanan
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Tentang PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Tentang BPS
      • Program dan Kegiatan
      • Perjanjian Kinerja
      • Indikator Kinerja Utama
      • Renstra
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Unduh
      • Profil Pejabat
    • Informasi Terbuka
      Serta Merta
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
  • Tautan
    • Galeri Infografis
    • Tabel Dinamis
    • Istilah
    • Katalog Datamikro
    • Metadata
    • Reformasi Birokrasi
    • Master File Desa
    • SPK Online
    • Pengaduan
    • LPSE
    • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
    • Pusat Pendidikan dan Latihan BPS
  • Hak Cipta © Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Lingkungan Hidup

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Harga Produsen

Indeks Harga Perdagangan Besar

Indikator Strategis Kabupaten Bogor

Industri

Input output

ITB-ITK

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Neraca Arus Dana

Neraca Sosial Ekonomi

Nilai Tukar Petani

Pariwisata

Produk Domestik Regional Bruto (Lapangan Usaha)

Produk Domestik Regional Bruto (Pengeluaran)

Transportasi

Upah Buruh

Usaha Mikro Kecil

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan